Aturan Penggunaan

Aturan Penggunaan

1. Informasi Umum 

  1. itemku sebagai sarana atau tempat pendukung bisnis dengan menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk menjamin keamanan bertransaksi dan kenyamanan jual beli virtual item dan akun sesama pengguna itemku.
  2. Kendala atau kerugian yang muncul setelah transaksi selesai yang dialami baik oleh pihak Penjual atau Pembeli bukanlah tanggung jawab itemku.
  3. itemku hanya mengizinkan jual beli virtual item yang terdapat di dalam game.
  4. itemku hanya mengizinkan jual beli akun game yang terdapat di itemku.
  5. Virtual item dan akun yang diperdagangkan di itemku haruslah item yang tidak dilarang oleh itemku dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
  6. itemku tidak bertanggung jawab atas kualitas virtual item dan akun, proses pengiriman virtual item dan akun, rusaknya reputasi pihak lain dan/atau segala bentuk perselisihan yang dapat terjadi antar pengguna situs.
  7. itemku memiliki kewenangan untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu terhadap dugaan rekening dan/atau terindikasi penyalahgunaan dan/atau pelanggaran aturan di itemku, mulai dari melakukan moderasi, menghentikan layanan penjualan dan menutup akun tanpa pemberitahuan atau informasi kepada pemilik akun tersebut.

2. Pengguna

  1. Pengguna situs itemku wajib mengisi akun data pribadi dengan lengkap dan jujur.
  2. Pengguna situs itemku wajib mengisi data email dan nomor telepon genggam dengan benar dan melakukan verifikasi.
  3. Pengguna situs itemku harus bertanggung jawab atas keamanan akun pribadinya, termasuk penggunaan email dan password.
  4. Setiap pengguna situs itemku hanya diperbolehkan memiliki satu akun aktif.
  5. Setiap pengguna situs itemku hanya diperbolehkan mendaftarkan satu nomor telepon genggam satu kali pada satu akun.
  6. Pengguna situs itemku harus mengisi data bank pribadi mereka untuk kepentingan transaksi di itemku.
  7. Penggunaan layanan atau fitur apapun yang disediakan oleh itemku menunjukkan bahwa pengguna sudah mengerti dan menyetujui semua aturan yang diberlakukan oleh itemku.
  8. Pengguna situs itemku dilarang keras untuk mengisi dan/atau menyebarkan konten maupun berkomunikasi dengan unsur SARA, penghinaan/pencemaran nama baik, diskriminasi, pornografi, menyudutkan pihak lain dan hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
  9. Pengguna situs itemku tidak diperkenankan menggunakan situs ini untuk melanggar peraturan yang bertentangan dengan Peraturan Perundangan di Negara Republik Indonesia dan/atau di negara lain.
  10. Pengguna situs itemku bertanggung jawab atas semua informasi yang diberikan ataupun dimasukkan ke dalam situs itemku dan itemku bertanggung jawab atas privasi informasi yang dimasukkan oleh pengguna.
  11. Pihak itemku berhak untuk menyesuaikan atau menghapus informasi dagangan, menahan dan melakukan pemeriksaan atas Dana Dompetku dan Saldo Dompetku, menon-aktifkan toko penjual, hingga menon-aktifkan akun pengguna yang melakukan tindakan penyalahgunaan sistem ataupun fitur yang tersedia di itemku, jika dianggap perlu.
  12. Pengguna situs itemku berkewajiban untuk menghormati hak-hak pengguna lain dengan tidak memberikan informasi pribadi kepada pihak lain tanpa izin dari pihak yang bersangkutan.
  13. Pengguna situs itemku tidak diperbolehkan untuk mengirim spam email ke setiap bagian dari situs itemku.
  14. itemku memiliki hak untuk memblokir akun yang melanggar aturan atau peraturan situs itemku.
     

3. Buat Dagangan/Jual Virtual Item, Voucher, Akun, Top Up dan Pulsa

  1. Penjual bertanggung jawab untuk setiap informasi yang dibuat apabila terdapat kasus penyalahgunaan hak merek dan/atau izin dari hukum yang berlaku di Indonesia. 
  2. Penjual hanya diperbolehkan untuk menjual virtual item game terkait dan tidak diperbolehkan menjual virtual item yang tercantum dalam "Larangan Mengunggah" situs itemku dan/atau yang dilarang oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
  3. Penjual wajib menempatkan virtual item sesuai dengan kategori dan sub-kategori yang ada di situs itemku.
     
  4. Penjual wajib mengisi deskripsi dagangan dengan jelas, singkat dan padat sesuai dengan kategori dan sub-kategori yang dipilih oleh penjual.
  5. Penjual wajib mengisi harga yang sesuai, layak dan dapat dipertanggungjawabkan.
  6. Penjual dilarang menduplikasi virtual item dan/atau akun yang dijual dengan menyalin teks dan/atau gambar (jika terdapat gambar) dari dagangan maupun toko penjual lain yang ada di itemku.
  7. Penjual dilarang menaruh informasi data bank pribadi di dalam deskripsi dagangan untuk kenyamanan seluruh pengguna situs itemku. Pihak itemku akan menghapus informasi data bank pribadi bila ditemukan terdapat di dalam deskripsi dagangan pengguna situs itemku.
  8. Penjual hanya diperbolehkan untuk menjual 1 produk di dalam 1 dagangan. Menjual lebih dari 1 produk di satu dagangan dapat mengakibatkan dagangan dihapuskan oleh pihak itemku.
  9. Penjual dilarang menduplikasi virtual item dagangannya di dalam satu game yang sama. Jika didapati menduplikasi, pihak itemku akan menghapus salah satu (atau semua) dagangan duplikat.
  10. Penjual dilarang melakukan pembatalan pesanan secara besar-besaran tanpa alasan yang jelas dalam kurun waktu tertentu dan menyebabkan penurunan kualitas kenyamanan pembeli. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  11. Segala percakapan penjual dan pembeli hanya boleh melalui fitur Pesan.
  12. Penjual dalam memasukkan deskripsi dagangan/pesan/keterangan pada informasi lainnya dilarang keras untuk menuliskan/mengiming-imingi harga nego/negosiasi. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  13. Penjual dalam memasukkan deskripsi dagangan/pesan/keterangan pada informasi lainnya dilarang keras untuk menjelaskan/memasukkan perbandingan harga dagangannya dengan platform lain. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  14. Penjual dalam memasukkan deskripsi/gambar dagangan/ percakapan pada fitur kotak pesan/keterangan pada informasi lainnya dilarang keras untuk menuliskan transaksi secara langsung, nama bank, nomor rekening bank, via pulsa, barter, dan atau segala jenis kata/kalimat yang mengindikasikan transaksi langsung. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  15. Penjual dilarang melakukan perubahan/mengedit harga dagangan (menaikkan dan menurunkan) yang sama lebih dari 3 kali dalam sehari. Aplikasi/program (makro) untuk melakukan perubahan dagangan tersebut juga dilarang keras.
  16. Penjual dilarang memasang dagangan yang tidak sesuai dengan kategorinya atau kategori yang tidak disediakan itemku. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  17. Penjual dilarang memasang dagangan yang tidak diperbolehkan di itemku seperti produk illegal, cheat, phishing, ataupun joki. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  18. Penjual dilarang melakukan tindakan yang dapat merugikan pembeli seperti namun tidak terbatas pada mengirimkan link phising, meminta data login akun pembeli, meminta PIN itemku, meminta transaksi langsung. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  19. Penjual dilarang keras memberikan atau meminta kontak dalam bentuk apapun, baik dalam fitur Pesan, deskripsi dagangan, slogan toko maupun foto dagangan. Kontak yang kami maksud mencakup nomor HP, kontak ke aplikasi chatting seperti Line, BBM, atau WhatsApp, serta link ke social media atau Steam profile/URL Steam Trade Offer.
  20. Terdapat biaya di itemku Safe Trading. Biaya disesuaikan dengan kategori produk yang dijual, yaitu jika berjualan Akun, Item, Mata Uang Game (Currency), Top Up dan E-Voucher.
  21. Penjual dilarang melakukan transaksi yang bertujuan untuk memperoleh rating atau meningkatkan jumlah transaksi dengan cara yang tidak biasa seperti membeli dagangan milik sendiri atau menggunakan akun lainnya untuk melakukan pembelian. Jika didapati melakukan hal tersebut, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat penyalahgunaan.
  22. Penjual diwajibkan melakukan Moderasi Top Up dan juga Moderasi Akun sebelum membuat dagangan kategori Top Up dan Akun Game.
  23. Toko yang aktif akan diubah statusnya menjadi Tutup secara otomatis jika penjual tidak melakukan login selama 4 hari atau lebih.
  24. Penjual dilarang dengan sengaja mengubah status pesanan menjadi sudah dikirim tanpa benar-benar mengirimkan pesanan sesuai dengan pembelian, terkecuali kategori penjualan game yang mengharuskan penjual melakukan pertemanan terlebih dahulu dengan pembeli di dalam game.


4. Transaksi

  1. itemku memberikan jaminan keamanan bertransaksi bagi setiap pengguna situs itemku yang menggunakan layanan itemku Safe Trading.
  2. itemku tidak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi tanpa menggunakan layanan itemku Safe Trading yang terdapat di situs itemku.
  3. itemku tidak bertanggung jawab jika terjadi permasalahan konfirmasi transaksi atau order dengan akun yang tidak memasukkan data email dan nomor telepon atau telepon genggam dengan benar.
  4. Pembeli wajib mempelajari informasi virtual item terlebih dahulu sebelum memesan. Pembeli wajib membayar sejumlah harga virtual item yang telah dipesan dalam waktu 1x24 jam.
  5. Jika dalam waktu 1x24 jam pembeli tidak membayar sejumlah harga virtual item yang telah dipesan, maka transaksi akan dibatalkan secara otomatis.
  6. Pembeli dapat membatalkan pesanan dalam 6 jam setelah mereka membayar jika memang pesanan belum dikirimkan oleh penjual. Pesanan akan otomatis dibatalkan dalam 12 jam jika masih belum dikirimkan oleh penjual; untuk kategori: Top-up & Voucher, Lock (Growtopia & Pixel World), Game Key & Software, Pulsa & Token Listrik. Lama waktu pengembalian dana ke Dompetku kurang lebih 1 jam di waktu operasional itemku.
  7. Pembeli dapat membatalkan pesanan dalam 24 jam setelah mereka membayar jika memang pesanan belum dikirimkan oleh penjual. Pesanan akan otomatis dibatalkan dalam 2 hari jika masih belum dikirimkan oleh penjual; untuk kategori: Akun, Gold & Currency, Item & Skin, Game Gift Steam. Lama waktu pengembalian dana ke Dompetku kurang lebih 1 jam di waktu operasional itemku.
  8. Jika terdapat transaksi gagal, maka dana pembeli yang digunakan untuk bertransaksi akan otomatis masuk ke dalam Dompetku pengguna dan dapat digunakan untuk berbelanja kembali atau dicairkan ke rekening pembeli yang bersangkutan.
  9. Penjual dapat membatalkan pesanan yang diterima dan proses pengembalian dana ke pembeli sesuai dengan aturan dari situs itemku.
  10. Pembeli wajib memberikan informasi data yang benar dalam melakukan pesanan (ID game dan/atau karakter game, catatan untuk penjual, dll). Jika terdapat kesalahan informasi dari pembeli yang menyebabkan kerugian pada pihak pembeli itu sendiri, maka bukan menjadi tanggung jawab itemku ataupun penjual.
  11. Jika penjual tidak mengirimkan pesanan sesuai waktu yang sudah ditentukan setelah pembayaran, maka dana akan dikembalikan secara otomatis kepada pembeli.
  12. Penjual dapat mencairkan saldo hasil penjualannya di itemku dengan mengajukan proses pencairan saldo ke rekening pribadi penjual. Proses tersebut berlangsung selama kurang lebih 1-3 (satu sampai tiga) hari kerja.
  13. Sistem itemku secara otomatis memeriksa status pemesanan dan akan menunjukkan status pesanan maupun proses transaksi kepada para penjual dan pembeli.
  14. Jika pembeli tidak memberikan update terhadap transaksi yang sudah dia lakukan dalam 2 (dua) hari, itemku akan mentransfer dana langsung ke penjual tanpa konfirmasi kepada pembeli terlebih dahulu.
  15. itemku akan menahan dana sampai akan adanya kesepakatan antara kedua belah pihak baik penjual dan pembeli jika terjadi salah paham antara penjual dan pembeli ataupun perselisihan pendapat dari pihak penjual dan pembeli.
  16. itemku hanya memantau dari sistem itemku melalui semua fitur dan layanan yang tersedia yang digunakan oleh pembeli dan penjual.

5. Aturan Penggunaan Mystery Box

  1. Hadiah mystery box berupa saldo Dompetku akan otomatis masuk ke dalam Dompetku pengguna sesuai dengan nilai dana yang didapatkan setelah kamu membuka Mystery Box.
  2. Pengguna wajib melakukan verifikasi Email untuk bisa menggunakan saldo Dompetku.
  3. Hadiah yang didapatkan di Mystery Box dapat terus di-update oleh pihak itemku.
  4. Pihak itemku berhak mengambil keputusan untuk tidak mengirimkan produk yang didapat dari Mystery Box jika pengguna melakukan penyelewengan terhadap sistem Mystery Box.
  5. Pihak itemku berhak untuk mengganti/merubah sampai mengkadaluarsakan/hangus hadiah yang didapatkan dari Mystery Box.
  6. Hadiah Mystery Box yang sudah dikirimkan itemku tidak bisa dikembalikan.
  7. Semua permasalahan dari Mystery Box akan diselesaikan antara pihak itemku dengan pengguna melalui kontak langsung dari halaman Hubungi itemku.

6. Larangan Mengunggah

  1. Semua bentuk konten negatif yang dapat mempengaruhi penggunaan situs itemku.
  2. Semua produk, virtual item dan akun, yang tidak berkaitan dengan game baik berbentuk virtual maupun fisik.
  3. Memasukan virtual item atau akun yang dilanggar oleh Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
  4. Dokumen pemerintahan ataupun dokumen yang tidak berkaitan dengan transaksi dan game di itemku.
  5. Virtual item dan akun yang belum tersedia di itemku.
  6. Virtual item dan akun yang tidak sesuai kategori dan sub-kategori di itemku.
  7. Virtual item dan akun yang tidak diperbolehkan dan ilegal di itemku.
  8. Virtual item dan akun yang terindikasi SARA, penghinaan/pencemaran nama baik, diskriminasi, pornografi, menyudutkan pihak lain dan hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
     

7. Sanksi 

Semua tindakan yang melanggar aturan akan dikenakan sanksi oleh itemku dalam bentuk/berupa:

  7.1 Sanksi untuk Penjual

Pelanggaran Tingkat 1:

a. Melanggar 1 kali peraturan nomor 3.12, 3.13, 3.16, 3.17, 3.19 maka dagangan akan dihapus dan toko itemku Penjual akan ditutup sementara selama 3 hari. Toko akan kembali dibuka setelah masa hukuman selesai.

b. Melanggara 1 kali peraturan nomor 3.10, maka akan menyebabkan toko ditutup sementara selama 3 hari (pentupan bisa berupa penutupan toko, ataupun pencabutan moderasi penjualan top up/akun). Keputusan tidak dapat diganggu-gugat, dan pesanan yang masih menunggu diproses akan dibatalkan

c. Melanggar peraturan nomor 3.6, maka akan menyebabkan dagangan yang melakukan duplikasi ditutup. 

 
Pelanggaran Tingkat 2:

a. Melanggar 2 kali peraturan nomor 3.12, 3.13, 3.16, 3.17, 3.19 maka dagangan akan dihapus dan toko itemku Penjual akan ditutup sementara selama 5 hari. Toko akan kembali dibuka setelah masa hukuman selesai.

b. Melanggar 2 kali peraturan nomor 3.10, maka akan menyebabkan toko ditutup sementara selama 5 hari (penutupan bisa berupa penutupan toko, ataupun pencabutan moderasi penjualan top up/akun). Keputusan tidak dapat diganggu-gugat, dan pesanan yang masih menunggu diproses akan dibatalkan.


Pelanggaran Tingkat 3:

a. Melanggar 3 kali peraturan nomor 3.12, 3.13, 3.16, 3.17, 3.19 maka toko itemku Penjual akan ditutup permanen.

b. Melanggar 3 kali peraturan nomor 3.10, maka akan menyebabkan toko ditutup sementara selama 7 hari (penutupan bisa berupa penutupan toko, ataupun pencabutan moderasi penjualan top up/akun). Jika penjual kembali melakukan pelanggaran pada pasal 3.10 (total 4 kali), maka toko itemku Penjual akan ditutup permanen. Keputusan tidak dapat diganggu-gugta, dan pesanan yang masih menunggu diproses akan dibatalkan.

c. Melanggar 1 kali peraturan nomor 3.14, 3. 18, dan 3.21 maka toko itemku Penjual akan ditutup permanen.

d. Melanggar 1 kali peraturan nomor 3.24 serta toko tidak kooperatif dalam memberikan bukti-bukti yang diminta pihak itemku dan tidak memiliki transaksi sukses sama sekali, maka toko itemku penjual akan ditutup permanen.

 

  7.2 Sanksi umum untuk seluruh Pengguna

  1. Semua penyalahgunaan/penyelewengan dapat mengakibatkan pemblokiran akun jika diperlukan.

  2. Semua penyalahgunaan/penyelewengan dapat berujung sampai pelaporan kepada pihak berwajib dan ke ranah hukum jika diperlukan.

Download Aplikasi Mobile itemku

get in on google play

Ikuti itemku

itemku facebookitemku instagramitemku youtubeitemku tiktokitemku twitter

© 2014 - 2021 PT. Five Jack All Rights Reserved. All other trademarks belong to their respective owners.