5 Alasan GTA San Andreas Masih Populer

5 Alasan GTA San Andreas Masih Populer

5 Alasan GTA San Andreas Masih Populer

Hari gini masih main Grand Theft Auto (GTA) San Andreas? Enggak usah merasa ketinggalan zaman karena game tersebut memang sebagus itu, kok. 


Sejak dirilis pada akhir 2004, keberadaannya seakan mustahil dilupakan. Penggemarnya tersebar di mana-mana, baik penggemar baru mau pun yang lama.


Bahkan, bila dibandingkan dengan GTA V yang belakangan keluar, GTA San Andreas masih lebih populer, terutama di Indonesia. Apa saja penyebabnya?


Alasan GTA San Andreas masih populer


Tak Butuh Spek yang Gahar


GTA San Andreas tersedia di beberapa platform, mulai dari konsol, PC, hingga mobile. Khusus versi PC, kamu tak memerlukan spesifikasi yang kelewat gahar.


Cukup dengan PC berspesifikasi standar saja, kamu sudah bisa memainkan salah satu game open-world terbaik tersebut. Jadi, amat wajar bila game ini tetap populer sampai sekarang.


Jalan Cerita Lebih Menarik Ketimbang Versi Lain


Boleh dibilang GTA San Andreas punya cerita paling menarik ketimbang GTA lainnya. Kisahnya tentang Carl ‘CJ’ Johnson, seorang anggota geng yang mengajakmu menjelajahi negara bagian San Andreas.


CJ terpaksa kembali ke kampung halamannya guna mencari dalang pembunuhan sang ibu. Di sisi lain, ia juga mesti mengembalikan nama baik geng miliknya dan dirinya sendiri.


Segalanya kian menarik sebab ada banyak misi yang tersedia. Begitu pula dengan keberadaan fitur serta cheat yang relatif mudah diterapkan.


Karakter yang Memorable dan Meme-able


Alasan GTA San Andreas masih populer


Trevor Phillips di GTA V terbilang fenomenal tetapi mungkin tak sebanding dengan karakter-karakter di GTA San Andreas. Pada edisi ini karakter yang tersedia amat memorable, juga meme-able.


Ada Big Smoke, CJ, dan beberapa karakter lain. Kamu mungkin ingat meme dengan quote-quote ikonik seperti “All you nee to do was follow the damn train CJ” hingga “Ah, sh*t, here we go again”.


Banyak Mod


Popularitas GTA San Andreas berdampak pada hadirnya komunitas-komunitas di ranah maya. Selain itu, muncul pula berbagai macam modifikasi yang bikin game tersebut kian menarik, terutama pada versi PC.


Sebagian berupa modifikasi ringan yang berkaitan dengan senjata atau kendaraan. Sebagian lagi berhubungan dengan detail tempat seperti yang dilakukan oleh beberapa modder lokal.


Pernah melihat atau memainkan GTA San Andreas dengan kearifan lokal karena menampilkan SPBU, minimarket, sampai taksi khas Indonesia? Itu salah satunya.


Sempat Memicu Kontroversi


Kontroversi adalah perkara menyebalkan tetapi untuk sebagian hal, ia justru berkah. Ini berlaku untuk GTA San Andreas. Bahkan, bisa dibilang kontroversi bagian dari teknik Rockstar dalam memasarkannya.


Saat pertama kali diluncurkan, game ini mendapat sorotan karena menampilkan adegan kekerasan dan seks dengan cukup eksplisit. Salah satunya adalah kontroversi mod hot coffe.


Mod tersebut memungkinkan para pemain melihat adegan hubungan seks CJ dengan pacarnya. Perkara ini bikin mereka sempat dikritik keras dan ditarik dari pasar.


Namun, kontroversi itu pada akhirnya membuat nama GTA San Andreas makin dikenal hingga sekarang, terutama setelah Rockstar menyediakan patch untuk menghilangkan mod hot coffe.