Mengapa Football Manager 2021 Tak Hadir di PS?

Mengapa Football Manager 2021 Tak Hadir di PS?

Mengapa Football Manager 2021 Tak Hadir di PS?

Pertengahan 2020 lalu Direktur Sports Interactive, Miles Jacobson, bikin gempar jagat maya pas bilang bahwa Football Manager 2021 akan hadir di Xbox. Gimana enggak? Sudah sedekade lebih game simulasi manajer sepak bola itu enggak nongol di konsol.

Tentulah banyak yang menyambut girang kabar ini. Dengan hadir di konsol, orang-orang jadi punya banyak opsi buat mainin FM. Sekarang kalau punya Xbox udah cukup. Enggak perlu ribet lagi buat download FM di Steam atau Epic Games via Laptop.

Yang jadi soal, Sports Interactive benar-benar cuma berencana merilis FM21 di Xbox untuk versi konsol. Para penggemar PlayStation (PS) lantas berang. Di Twitter, banyak yang ngata-ngatain Jacobson karena keputusannya itu. Tapi Jacobson punya alasan kuat.

Dia bilang, tak ada ajakan dari Sony untuk membuat FM tersedia di PS. Sebaliknya, Microsoft memang sejak lama menginginkan mereka hadir di Xbox.

“Microsoft butuh 11 tahun untuk bikin kami balik ke konsol. Mereka yang memang sudah menginginkannya (Football Manager) sejak lama,” kata Jacobson, dilansir NME.

“Jadi sekarang kami di platform yang memang menginginkan FM. Platform lain (PlayStation) mungkin juga punya keinginan sama. Tapi mungkin mereka punya target jangka panjang lain. Saya juga sejujurnya ingin sekali (FM) hadir di PlayStation,” sambungnya.

Jacobson mengatakan, hadir di konsol bukan hal mudah bagi banyak developer. Pertama-tama mereka harus membuat versi berbeda dari sebuah game agar mampu dimainkan di perangkat lain. Kedua, ada hitung-hitungan bisnis, misalnya soal biaya pengembangan.

“Kamu enggak bisa begitu saja bikin game untuk PlayStation atau Xbox kecuali diundang. Ini berlaku juga buat Nintendo. Kalau kamu bisa, misalnya diundang atau kamu yang justru datang, keputusan ya atau tidaknya tetap di tangan mereka,” tutur Jacobson.

“Jadi pada akhirnya, kami enggak punya pilihan penuh. Kami juga enggak bisa datang dan bilang bahwa ‘ya’ kami akan melakukannya,” ungkap sosok berusia 49 tahun tersebut.

Football Manager 2021 untuk PC dan mobile sudah rilis pada Selasa (24/11/2020). Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp499.999 untuk versi PC. Adapun, versi mobile dibanderol seharga Rp149 ribu.