PS5 Rilis Secara Global: Upaya Sony Menetapkan Standar Baru di Dunia Game

PS5 Rilis Secara Global: Upaya Sony Menetapkan Standar Baru di Dunia Game

PS5 Rilis Secara Global: Upaya Sony Menetapkan Standar Baru di Dunia Game

Setelah rilis terbatas di sejumlah negara, PlayStation5 alias PS5 akhirnya hadir secara global pada Kamis (19/11/2020). Sementara itu, Indonesia baru kebagian beberapa bulan mendatang, tepatnya pada 22 Januari.

Bagi Sony, PS5 adalah tanda perjalanan panjang dan sukses mereka di ranah konsol. Sejak generasi pertama pada 90-an produk-produk PlayStation andalan mereka selalu laku keras di pasaran.

Kita bicara tentang PS1 yang mengakhiri dominasi Nintendo, ada PS2 yang tercatat sebagai konsol paling laris, PS3 yang terkenal berkat sistem keamanannya, hingga PS4 dengan banyak fitur futuristik.

Sony memang selalu melakukan perubahan pada tiap konsol terbaru. Khusus di PS5, perubahan tersebut bahkan amat radikal. 

Pertama dari segi desain. Kini, tak ada lagi warna hitam pekat seperti yang biasanya tersedia di sebagian besar PS generasi sebelumnya. PS5 hanya tersedia dalam warna putih.

Bentuk desain yang diusung pun juga tampak berubah total. Sony sepertinya mengikuti apa yang sudah dilakukan Xbox sejak jauh hari, yakni konsol yang bisa ditempatkan secara vertikal maupun horizontal.

Kedua dari segi jeroan. Banyak sekali peningkatan pada konsol ini ketimbang pendahulunya. Ia mengenakan CPU AMD Zen 2 octa-core, GDDR6 16GB, GPU kustom berbasis AMD RDNA 2, serta SSD hingga 825GB.

Akan ada pula controller DualSense yang memiliki sejumlah fitur unggulan seperti immersive haptic feedback, dynamic adaptive triggers, dan built-in microphone yang sebelumnya tak tersemat di PS terdahulu.

CEO Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan, mengklaim bahwa perubahan itu tak cuma mengubah produk PS mereka. Di masa depan, konsol terbaru ini sangat mungkin turut menetapkan standar baru bagi dunia game.

“Game yang akan kamu mainkan (di PS5) selama beberapa tahun mendatang pasti akan memicu berbagai perubahan pada banyak game lainnya di masa depan,” ungkap Ryan.

“SSD-nya saja akan merevolusi bagaimana game berkembang dan dimainkan. Belum lagi peningkatan dalam hal akurasi hingga performa tingkat tinggi yang ada di PS5. Kita juga akan bicara soal DualSense,” tutur Ryan.

PS5 akan tersedia dalam dua varian. Yang pertama adalah PS5 standard edition dengan disk drive. Adapun, varian berikutnya tak menyematkan disk drive sebagai jawaban atas mulai menjamurnya skema unduhan digital.

Di Indonesia, PS5 standard edition dibanderol dengan harga Rp8,7 juta, sedangkan digital edition dijual seharga sekitar Rp7,2 juta.