Home Promo Pandangan Gamer di Mata Masyarakat Belum Berubah
Pandangan Gamer di Mata Masyarakat Belum Berubah

Masih Sering Dibully dan Diremehkan, Pandangan Gamer di Mata Masyarakat Belum Berubah Bagikan:

Masih sering denger kalimat “Mau jadi apa nanti? Main game terus!” dari orang tua kamu? Atau “Jangan mau sama dia, dia kan gamer, pasti dia culun” dari temen gebetan kamu? Entah apa alasannya, di mata orang-orang normal alias non-gamer, main game terlihat sangat negatif. Padahal game itu kan cuma hobi, apa bedanya sama kalian yang hobi sepak bola, dugem, main musik, foto-foto, dll.

 

Saya juga gamer, dari Sekolah Dasar saya udah main game dan masih sampai sekarang. Hampir semua game udah saya jajal, kalian mau panggil saya gamer Mobile Legends bisa, mau panggil gamer PUBG bisa, mau panggil gamer sejati jangan dulu deh. Hehehe. Saya sendiri ngerasain yang namanya diskriminasi, perlakuan dipandang sebelah mata cuma karena saya punya hobi main game. :(

 

gamer itu culun

 

Stigma atau pandangan tersebut udah ada sejak saya kecil, yang jelas paling kerasa ya dari orang tua. Kenapa orang tua kita kaya gitu? Mungkin karena di waktu mereka lahir dulu belum ada game, jadi ga aneh kalo mereka nganggep hal baru ini negatif karena di luar kebiasaan mereka.

 

Di lingkungan pertemanan pun sama, gamer dianggap culun dan sering jadi bahan bully di sekolah. Di dalam hati mungkin pernah terlintas, apa sih salah gw? Apa yang salah dengan jadi gamer Mobile Legends?

 

Meskipun perkembangan dunia game udah cukup baik akhir-akhir ini, gamer AOV bisa bangga sama Asian Games 2018, gamer Mobile Legends boleh bangga dengan MPL nya sempet menggemparkan Mall Taman Anggrek dan mendatangkan pejabat negara, tapi kenyataannya pandangan masyarakat terhadap game belum berubah banyak. Dengan perkembangan dunia game di Indonesia yang lagi tumbuh ini, yuk kita sebagai gamer tunjukin juga ke orang-orang, tunjukin ke dunia.

 

jess no limit

 

Apa yang perlu ditunjukin? Satu hal aja, bahwa jadi gamer sejati itu positif, ga selamanya jadi gamer itu negatif. Udah cukup banyak artikel di kaskus, media semacam Kompas, Liputan 6, dll. menjelaskan bahwa hobi main game itu ga selamanya negatif, tapi orang-orang masih belum percaya. Apalagi yang bisa kita perbuat? Tunjukin dengan tindakan.

 

Ayo sebagai sesama gamer, kita sama-sama tunjukin bahwa jadi gamer ga selamanya negatif. Kalo kalian bingung harus ngapain, banyak kok caranya. Kalian bisa jadi atlet Esports, atau mulai cari uang dengan jual beli item game, voucher game, atau jadi Youtuber/Streamer game. Di satu sisi kita juga sebagai gamer bisa senang dapet penghasilan dari hobi kita, di sisi lain pandangan orang-orang terhadap gamer juga lama-lama berubah.