Pusat Bantuan

Syarat dan Ketentuan Fitur 10 Menit Kirim

Jika ingin bergabung menjadi Penjual yang dapat menggunakan fitur 10 Menit Kirim, Penjual harus memenuhi beberapa kriteria berikut:

 

  1. Tingkat keberhasilan toko harus diatas 90%.
  2. Rata-rata rating toko harus diatas 4.
  3. Memiliki minimal 50 transaksi sukses pada kategoridagangan yang memiliki fitur 10 Menit Kirim.
  4. Rata-rata waktu pengiriman 10 pesanan terakhir harus dibawah 10 menit.
  5. Memiliki riwayat penjualan yang baik selama berjualan di itemku.com.

 

Setelah memenuhi data tersebut, penjual dapat mengajukan moderasi kepada tim itemku melalui halaman Dagangan, proses moderasi akan membutuhkan waktu 1x24 jam.
 

Untuk menjaga kualitas Penjual yang terpilih dan kepuasan pembeli, berikut hal-hal yang harus diperhatikan oleh penjual dengan fitur 10 Menit Kirim:

 

  1. Penjual diwajibkan untuk menutup fitur 10 Menit Kirim jika memang tidak memungkinkan untuk mengirimkan pesanan dalam waktu 10 menit. Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur 10 Menit Kirim dapat dilakukan dengan 2 cara:
     
    - Menutup seluruh dagangan dari fitur 10 menit
    Buka website Tokoku -> Pengaturan Toko -> Pengiriman 10 Menit -> Geser pilihan pada Garansi Pengiriman menjadi Aktif/Mati

    - Menutup sebagian dagangan dari fitur 10 menit

    Buka website Tokoku -> Daganganku -> Cari Dagangan kamu yang akan di aktifkan atau di non-aktifkan Fitur 10 Menit Kirim -> Geser pilihan pada Pengiriman: 10 Menit Kirim menjadi Aktif/Mati (posisinya ada di bawah setiap daftar dagangan kamu). Kamu dapat melihat semua dagangan 10 menit kirim kamu pada tab 10 Menit Kirim pada halaman Dagangan.
     
  1. Jika penjual tidak menutup fitur 10 Menit Kirim dan mengakibatkan keterlambatan pengiriman pesanan diatas 10 menit, maka:
     
    - Apabila pesanan sudah melewati 10 menit dan masih belum dikirimkan, pembeli dapat memilih untuk mengajukan pembatalan atau tetap menunggu pesanan dikirimkan.
    - Jika pembeli memilih menunggu pesanan dikirimkan, pembeli tetap dapat langsung mengajukan pembatalan dibawah 1x24 jam selama penjual belum mengirimkan pesanan tersebut.

 

  1. Apabila ID dan nickname yang dituliskan pembeli pada rincian pesanan berbeda dengan Nickname yang muncul saat kamu memproses pesanan tersebut, maka harap untuk membatalkan pesanan tersebut.
     
  2. Jika terdapat kondisi pembeli salah memasukkan data untuk pengiriman dalam hal ini ID tidak ditulis atau tidak ditemukan, maka penjual dapat membatalkan pesanan tersebut.
     
  3. Apabila kamu sudah mengirimkan pesanan namun kamu lupa mengubah status pesanan menjadi sudah dikirim dan pembeli sudah mengajukan pembatalan pembelian, segera hubungi layanan pengguna itemku dan berikan bukti bahwa kamu sudah memproses pesanan sebelum 10 menit. (Jika tidak dapat memberikan bukti pengiriman maksimal 30 menit setelah pesanan dibatalkan, maka kami anggap laporan tersebut tidak valid dan pesanan akan tetap dibatalkan).
     
  4. Pihak itemku akan melakukan pengecekan secara berkala*, terhadap penggunaan Fitur 10 Menit Kirim. Apabila penjual memiliki performa yang buruk (persentase keterlambatan pengiriman >30%) maka:
     
     -
    Performa buruk pertama akan menyebabkan Fitur 10 Menit Kirim dinon-aktifkan selama 3 Hari.
     - Performa buruk kedua akan menyebabkan Fitur 10 Menit Kirim dinon-aktifkan selama 5 Hari.
     - Performa buruk ketiga akan menyebabkan Fitur 10 Menit Kirim dinon-aktifkan selama 7 Hari.
     - Performa buruk keempat akan menyebabkan Fitur 10 Menit Kirim dinon-aktifkan secara permanen. 
    •  

 

  7. Apabila persentase keterlambatan pengiriman sudah melebihi 20% namun masih dibawah 30%, peringatan akan muncul pada beranda Tokoku penjual.

 

*) Pengecekan dilakukan harian dengan melihat pesanan Garansi 10 Menit Kirim dari 7 hari terakhir dan akan diperbarui setiap hari pukul 05.00 WIB. 
**)pihak itemku berhak melakukan perubahan pada Syarat & Ketentuan sewaktu-waktu